Minggu, 25 Maret 2012

Thean Hou Temple




Malaysia bukan hanya kaya dengan lokasi wisata berbau modernitas seperti tempat belanja (mall), taman air, wisata gunung, hutan dan pantai, namun juga Anda bisa mencoba berwisata reliji ke tempat-tempat peribadatan. Sekalian bisa refreshing, Anda juga bisa sekalian menggali keunikan dan tradisi kepercayaan masyarakat lokal dengan mendatangi tempat-tempat suci mereka. Nah, bicara soal tempat beribadah, Anda bisa mencoba datang ke Thean Hou Temple.
Then Hou Temple ini merupakan kuil China yang terbilang masih baru, dibangun baru sekitar tahun 1989. Pembangunan Kuil Thean Hou Temple ini sendiri lebih ditujukan untuk menyembah Dewa Tian Hou atau The Heavenly Mother. Kuil ini akan nampak kelihatan lebih indah ketika Tahun Baru China digelar, dimana kuil kebanggaan umat Budha Malaysia ini akan dihias sedemikain rupa dengan berbagai macam lampu dan pernah-pernik lainnya.



Keindahan kuil tersebut akan semakin menjadi ketika malam hari menjelang. Rasanya Anda seakan dibawa ke masa dimana era tradisional China yang kental dengan interior naga dan kungfu begitu kental terasa. Kuil Thean Hou ini sendiri terbagi menjadi tiga bagian, sebelah kiri difungsikan untuk menyembah Dewa Shui Wei Sheng Niang, kuil sebelah kanan untuk menyembah Dewa Guan Yin, the Goddess of Mercy, dan kuil yang berada di tengah untuk menyembah Dewa Tian Hou.



Anda sebagai pendatang bisa melakukan banyak hal didalamnya seperti fhoto-fhoto atau bersembahyang mengikuti cara mereka sekalipun Anda bukan beragama Budha. Namun demikian bagi Umat Islam biasanya tidak diperkenankan untuk mengikuti prosesi ibadah agama lainnya. Dari bangunan kuil Anda bisa melihat betapa pembuatannya memiliki persiapan yang sangat matang, penuh nilai artistik dan filosofis, serta terlihat sangat anggun.

Akses:

Untuk mencapai kuil ini Anda bisa memakai Kereta Api Putra LRT, kemudian berhenti di KL Sentral. Dari KL Sentral Anda bisa naik taksi dengan menempuh perjalanan sekitar 5-10 menitan. Kalau naik taksi Anda akan ditunjukkan oleh sang sopir dimana Thean Hou berada dan Anda bisa turun di Robson Hill.

 
Selamat Berkunjung!

Sumber: http://malaysia.panduanwisata.com/2012/02/26/mengunjungi-thean-hou-temple/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar