Rabu, 02 Mei 2012

Serunya Berkuda di Kompleks Candi Gedongsongo, Semarang



Jika Anda merasa berwisata candi adalah hal yang membosankan, itu berarti Anda harus datang ke Candi Gedongsongo. Tidak hanya candi, di sini Anda bisa menikmati Kota Semarang dari ketinggian dengan menggunakan kuda. Asyik!

Candi Gedongsongo merupakan sebuah kompleks bangunan candi peninggalan Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi ini berada di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.

Uniknya, lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Untuk bisa menjangkau semua, membutuhkan waktu yang lama dengan medan yang menanjak.

Nah, tapi Anda tidak perlu khawatir. Di kompleks candi ini terdapat tempat penyewaan kuda yang bisa mengantar Anda menjelajah candi di kaki Gunung Ungaran ini.

Udara sejuk sudah pasti akan menemani Anda saat berkuda. Ditemani dengan pawang, Anda akan diajak berkeliling kompleks candi dengan biaya Rp 50.000 bagi wisatawan lokal dan Rp 70.000 bagi wisatawan mancanegara. Tarif tersebut belum termasuk biaya masuk candi sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Candi Gendong yang pertama mungkin belum bisa menyajikan pemandangan yang Anda dambakan. Namun, setelah terus mendaki ke candi berikutnya, pemandangan akan jadi jauh lebih cantik.

Semakin besar angka di nama candi, semakin tinggi pula Anda harus mendaki. Akan tetapi, pemandangan akan semakin indah. Di candi yang paling atas, yaitu candi ke sembilan, tersaji pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo.

Atau jika ingin mencoba hal yang lainnya lagi, Anda bisa menyewa jasa kuda tersebut untuk berkeliling Desa Candi. Desa ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik. Anda akan diantar menyusuri desa yang sangat tenang dan sangat alami. Suara sepatu kuda yang beradu dengan bebatuan di jalan setapak akan membawa Anda pada tingkat kenyamanan.

Akan tetapi, paket berkeliling Candi Gedongsongo tadi belum termasuk paket berwisata ke Desa Candi. Untuk berkeliling desa, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 35.000 untuk wisatawan mancanegara.

Jika merasa lelah berkiling candi dan desa, Anda bisa minta diantar ke pemandian air panas yang ada di sekitar kompleks candi. Berendam di kolam dengan udara yang dingin memang sangat nikmat. Apalagi jika air di dalam kolam tersebut berasal dari sumber mata air panas.

Wisata ini lengkap dimiliki oleh kompleks Candi Gedongsongo. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, berwisata candi!

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/05/02/160436/1907336/1025/serunya-berkuda-di-kompleks-candi-gedongsongo-semarang?vt22011024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar